Tuesday, September 16, 2014

OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA





KAJIAN IPA
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ialah ilmu yang mempelajari alam dengan segala isinya, termasuk gejala-gejala alam yang ada.
  • IPA dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah.
  • Secara umum IPA meliputi tiga bidang ilmu dasar, yaitu biologi, fisika, dan kimia.
  • 4 tahap yang melahirkan IPA, yaitu (1) Mitos, (2) penalaran, (3) eksperimen, dan (4) metode keilmuan

HAKIKAT IPA

IPA pada hakikatnya meliputi empat unsur utama yaitu:
  1. sikap: rasa ingin tahu tentang benda, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru  yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar;
  2.  proses: prosedur pemecahan masalah  melalui metode ilmiah; metode ilmiah   meliputi   penyusunan   hipotesis,   perancangan   eksperimen atau  percobaan,  evaluasi,  pengukuran,  dan  penarikan  kesimpulan;
  3. produk: berupa fakta, konsep, prinsip, teori, dan hukum; dan
  4. aplikasi: penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Empat unsur utama IPA ini seharusnya muncul dalam pembelajaran IPA


KUNCI IPA
  • IPA tidak sekedar kumpulan teori, tetapi karya kerja keras manusia.
  • Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan IPA (metode ilmiah) yaitu melakukan pengamatan, menginferensi, dan mengomunikasikan.


TIGA LANGKAH KUNCI SUKSES IPA
  1. Pengamatan: Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.
  2. Membuat Inferensi: Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antar aspek yang diamati, serta membuat prediksi.
  3. Mengkomunikasikan: Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.


EmoticonEmoticon