Tuesday, September 16, 2014

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP


Antara makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan.




Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidp adalah
  1. Bernafas, menghirup kadungan gas dalam udara  dan mengeluarkan karbondioksida
  2. Bergerak, aktivitas yang dilakukan oleh ubuh. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri dari tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.
  3. Memerlukan makanan dan minuman, untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman.
  4. Tumbuh dan berkembang, setiap makhluk hidup akan bertambah besar dan mengalami perubahan fisik selama hidup
  5. Berkembang biak (reproduksi), kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Berkembang bia bertujuan untuk melestarikan keturunannyaa agar tidak punah
  6. Peka terhadap rangsangan, kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap ransangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilita
  7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan, kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut adaptasi. Hal ini bertujuan agar makhluk hidup dapat bertahan hidup.


EmoticonEmoticon