Tuesday, October 13, 2020

9.4.1.1 | Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Menguji Benda Bermuatan dengan Elektroskop Sederhana

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan ini, sisswa diharapkan mampu :

  1. merangkai alat elektroskop sederhana secara mandiri
  2. menguji benda bermuatan dengan elektroskop sederhana yang dibuat sendiri
  3. mengenal bagian-bagian elektroskop
  4. menjelaskan prinsip kerja elekstroskop


B. Dasar Materi

Pada umumnya jumlah elektron dan proton pada atom sebuah benda adalah sama, sehingga atom-atom pada benda tersebut tidak bermuatan atau netral. Salah satu cara untuk mengubah benda menjadi bermuatan adalah dengan menggosokkan benda. Sisir atau penggaris plastik yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan negatif karena sisir atau penggaris plastik mengalami kelebihan elektron (elektron dari rambut berpindah ke sisir atau penggaris plastik). Sementara itu, kaca yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan positif karena kaca mengalami kekurangan elektron (elektron dari kaca berpindah ke rambut yang kering).

Jika benda bermuatan positif didekatkan dengan benda bermuatan negatif, akan tarik menarik. Sebaliknya, jika benda bermuatan positif didekatkan dengan benda bermuatan positif, atau benda bermuatan negatif didekatkan dengan benda bermuatan negatif, akan tolak menolak. Interaksi kedua muatan tersebut merupakan gejala listrik statis.

Salah satu cara untuk mengetahui muatan listrik pada benda adalah dengan menggunakan elektroskop. Agar dapat mengetahui jenis muatan listrik pada benda, maka elektroskop yang digunakan harus sudah bermuatan dan jenisnya telah diketahui. Jika lempeng daun elektroskop semakin membuka lebar, maka jenis muatan pada benda sama dengan jenis muatan pada elektroskop.


C. Alat dan Bahan

Untuk membuat elektroskop sederhana, alat dan bahan yang dapat digunakan antara lain:

1. Paku

2. Kertas aluminium (aluminium foil)

3. botol plastik

Elektroskop memiliki tiga bagian utama, yaitu kepala elektroskop, daun elektroskop yang terbuat dari lempeng emas atau aluminium, dan logam penghantar atau konduktor yang menghubungkan kepala elektroskop dengan daun elektroskop. Daun elektroskop akan membuka apabila kepala elektroskop didekatkan dengan benda yang bermuatan listrik.



D. Kegiatan 

Kerjakanlah dari rumah,

  1. Rancang langkah-langkah untuk membuat elektroskop
  2. Lakukan langkah-langkah yang kamu rancang sampai elektrsokop sederhana Uji elektroskop yang telah kamu buat dengan benda-benda bermuata (rekam dengan menggunakan kamera HP dan kirim melalui WA)
  3. Buatlah laporan dalam selembar kertas folio (kirimkan juga foto laporanmu melalui WA)


EmoticonEmoticon