Thursday, April 23, 2015

Ekosistem

A. Pengertian
Ekosistem merupakan penggabungandua kata Eko  yang artinya lingkungan dan Sistem yang berarti perangkat unsur ygsecara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Jadi, Ekosistem adalah keadaan khusus tempat komunitas suatuorganisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dr suatu lingkungan ygsaling berinteraksi.

B. Komponen Ekosistem
Berdasarkan pengertiannya, ekosistemmemiliki dua komponen, yaitu:
a.       Komponen Biotik,makhluk hidupa yang terdapat dalam suatu lingkungan.
Dalam komponen inidapat dibedakan menjadi tiga bagian berdasarkan fungsinya,
(1)      Produsen,makhluk hidup yang menghasilkan makanan, tumbuhan hijau (fotosintesis)


(2)      Konsumen,kelompok makhluk hidup yang memenuhi kebutuhannya dari makhluk hidup yangberfungsi sebagai produsen.  Dalamekosistem, Konsumen terdiri dari 2, Konsumen I (Primer), dan Konsumen II(Skunder). Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibagi 3, yaitu herbivora,karnivora, omnivora.

(3)     Pengurai (decomposer), Merupakan mikroorganisme yang menguraikan senyawa organikatau bahan makanan yang ada pada sisa organisme menjadi senyawa an organik yanglebih kecil. Pengurai biasanya dari golongan jamur dan bakteri yang tidak dapatmembuat makanan sendiri dan mereka memperoleh makanan dengan cara menguraikanorganisme yang telah mati. Hasil penguraian ini berupa zat mineral yang akanmeresap ke dalam tanah. Zat mineral tersebut akan diambil tumbuhan.

b.     Komponenabiotik, makhluk tak hidup dalam satu lingkungan. tanah, oksigen, karbon dioksida, udara, suhu, dan cahayamatahari.


Pada saat hewan memakan tumbuhan atau hewan memakan hewanlainnya, terjadilah interaksi antara satu organisme dengan organisme lain. Organismetersebut akan mati, kemudian pengurai akan menguraikan organisme tersebutmenjadi beberapa zat mineral yang akan meresap ke tana. Hal ini dilakukanpengurai untuk memenuhi makanannya. Kemudian Tumbuhan menyerap air dan mineraldari tanah serta sinar matahari untuk berfotosintesis untuk menghasilkanmakanan untuk tumbuhan itu sendiri dan organisme lainnya. Interaksi inilah yangdikatakan EKOSISTEM.

C. Satuan-Satuan Ekonomi
Pada suatu habitatterdapat beberapa jenis makhluk hidup. Suatu jenis makhluk hidup jumlahnya akanberbeda dengan jenis yang lainnya. Jumlah itu menunjukkan adanya satuan-satuanmakhluk pada ekosistem. Satuan-satuan dalam ekosistem, yaitu
a.     Individu,Individu berasal dari bahasa Latin individuum yangartinya tidak dapat dibagi. Jumlah dengan sebutan itu menunjukkan satu makhlukhidup sejenis yang berjumlah tunggal.
b.    Populasi, Populasi adalah kumpulanindividu sejenis yang berada pada suatu wilayah tertentu pada waktu yangbersamaan. Ciri/ sifat dalam populasi, yaitu (1) Kepadatan populasi, Kepadatan populasiartinya jumlah individu makhluk hidup sejenis per satuan luas tempat yangdihuninya pada waktu tertentu. Misalnya di kebun PakHaji yang luasnya 500 m2 dihuni oleh 20 pohon sawo dan 4 ekor kambing.Kepadatan kedua populasi tersebut adalah: (2) Kepadatan populasi padasuatu ekosistem dapat berubah dari waktu ke waktu. Perubahan populasi yangbersifat penambahan bisa disebabkan oleh adanya kelahiran (natalitas) danadanya organisme yang datang dari tempat lain (imigrasi). Perubahan populasiyang bersifat pengurangan disebabkan oleh adanya kematian (mortalitas) danorganisme yang berpindah ke tempat lain (emigrasi).
c.   Komunitas, Suatu komunitas tersusun dari beberapa populasi yang hidup dansaling berinteraksi dalam satu wilayah tertentu pada suatu waktu. Nama sebuah komunitasbiasanya menunjukkan makhluk hidup dominan yang menempati habitat tersebut.Pada komunitas hutan bakau, populasi yang paling banyak adalah pohon bakau.Begitu juga komunitas hutan bambu, populasi terbanyak adalah pohon bambu.
d. Ekosistem dan Biosfer, Hubungantimbal balik yang kompleks antara organisme dengan lingkungannya disebutekosistem. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dapat dibagi menjaditiga, yaitu (1) ekosistem alami,ekosistem yangterbentuk tanpa campurtanan manusia. Contohnya, sungai, rawa, laut, (2) ekosistem buatan, ekosistem yang dibuat oleh manusia.Contohnya, kolam, akuarium, kebun, dan (3) ekosistemsuksesi, ekosistem yang merupakan hasilsuksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan. Misalnya, suatu daerah yangtertimpa bencana gunung meletus sehingga seluruh kehidupan yang menempatinyapunah. Setelah beberapa lama, di lingkungan itu akan terbentuk ekosistem baru.

Satuan makhluk hidupyang lebih besar daripada ekosistem adalah bioma. Contoh bioma adalah bioma stepa (padang rumput), bioma hutanbasah, bioma gurun dan bioma tundra (padang lumut). Kumpulan dari berbagaimacam bioma di bumi ini membentuk sebuah sistem yang disebut biosfer.

D. Jenis-jenisEkosistem
Ekosistem terdiri daridua jenis, yaitu:
1. Ekosistem alami :ekosistem yang sudah ada di alam

2. Ekosistem buatan :ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia


E. Hubungan dalamEkosistem
Ada dua hubungan yangterjadi dalam ekosistem, yaitu:
Hubungan antarakomponen biotik dan abiotik. Biotik akan memengaruhi abiotik, dan abiotik akanmemengaruhi biotik. Contoh, tumbuhan dapat hidup baik apabila lingkunganmemberikan unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan tersebut, contohnya air, udara,cahaya, dan garam–garam mineral.
Hubungan antarakomponen biotik dan biotik. Dalam hubungan ini terdapat beberapa peristiwa:
a. Rantai Makanan
Peristiwa memakan dandimakan dalam suatu ekosistem

b. Jaring-jaringmakanan
Sekumpulan rantaimakanan dalam suatu ekosistem

c. Piramida makanan
Gambaran perbandinganantara produsen, konsumen I, konsumen II, dan Pengurai dalam suatukesetimbangan ekosistem.

d. Simbiosis
bentuk hidup bersamaantara dua individu yang berbeda jenis. Simbiosis dibagi beberapa macam, yaitu(1) simbiosis mutalisme, (2) simbiosis komensalisme dan (3) simbiosisparasitisme

Proses memakan dandimakan dalam ekosistem merupakan usaha pemenuhan kebutuhan makhluk hidup.
Hubungan yang terjadidalam ekosistem menghasilkan proses perpindahan energi, yaitu:
a. Arus Energi
Perpindahan energi darienergi tertinggi ke energi terendah

b. Siklus energi
Merupakan perpindahanzat dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Akhirnya akan kembali ke tempatzat itu berasal.


F. Keanekaragaman danUpaya Pelestarian
Keanekaragaman adalahperbedaan makhluk hidup yang berbeda jenis dan spesiesnya.
Keanekaragaman dapatterjadi karena perbedaan sifat, seperti: ukuran, bentuk, warna, fungsi organ,tempat hidup dan lain–lain.
Penambahan danpengurangan Keanekaragaman makhluk hidup dipengaruhi oleh dua hal, yaitu
1. Faktor alam
Faktor alam dapatmemengaruhi keanekaragaman makhluk hidup. Contoh, bencana alam seperti gunungmeletus, gempa bumi, dan lain sebagainya dapat mengurangi keanekaragamanmakhluk hidup.
2. Campur tangan manusia
Perbuatan manusia yangdapat mengancam keanekaragaman makhluk hidup, antara lain:
  • Pembabatan hutan alam,untuk jalan raya, pabrik, perumahan dan sebagainya.
  • Penggunaan pestisida,insektisida dan sejenisnya yang tidak bertanggung jawab.
  • Pembuangan limbahindustri yang sembarangan.
  • Perburuan hewan yangtidak bertanggung jawab


Selain itu interaksimanusia dengan lingkungan mengakibatkan beberapa hal, yaitu
1. Pencemaran air

2. Pencemaran udara


Pencemaran tanah


EmoticonEmoticon